PT JAWARA POS GRUP

SELAMAT & SUKSES RI 1

Human Eror, 700 Warga Geruduk PTPN XII Mumbul

JEMBER, JP. Com — Rabu (2/02/2022) perkebunan Mumbulsari PTPN XII kembali bermasalah dengan warga Mumbulsari, Suci, Karanganyar, Lampeji dan Karang Kedawung.

Dengan mengantongi izin demonstrasi maka kurang lebih 700 orang dari warga ke 5 desa tersebut, langsung tutup jalan yang menuju PTPN XII Mumbul.

Untuk pendemo tetap tertahan di jalan kebun menuju kantor ADM Mumbulsari dikarenakan sesuai mediasi hanya 10 orang yang diperbolehkan masuk mewakili masa (warga) pendemo.

Korlap aksi tersebut M.Taufik ( Mumbulsari) sebagai pihak moderator KAPOLRES Jember AKBP HERY PURNOMO S.I.K SH dan satuan pengamanan dan dalmas polres Jember diterjunkan untuk mengamankan aksi demonstrasi tersebut.

Adapun tuntutan dari aksi tersebut ( terlampir ) maka mediasi perwakilan aksi dan pihak PTPN XII diwakili oleh Manager Kebun Mumbulsari IMAM DWI HARTONO dalam mediasi tersebut Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo S.I.K SH sebagai mediator dalam perundingan (2/2/2022).

Langkah ini adalah upaya mediasi terkait tuntutan warga dengan pihak PTPN XII kebun Mumbulsari supaya tidak ada pihak pihak lain yang akan memanfaatkan situasi.

Dikonfirmasi bahwa lahan kebun Mumbulsari berada diatas lahan seluas 3948 hektar sedangkan alas hak warga menurut manager kebun Imam Dwi Hartono kurang lebih 20 hektar saja dan itupun letaknya disela sela tanaman tebu dan karet.

Hartono juga mengatakan hal yang terkait kerjasama kemitraan dengan warga yang berada di kawasan kebun mumbul masih tetap dibicarakan.

“Terkait pendapat warga ( kelompok Tani ) yang berada dikawasan kebun Mumbul meyakini bahwa HGU daripada kebun Mumbulsari sudah mati izinnya itu tidak benar, ijin HGUnya masih hidup dan sudah ditunjukan kepada perwakilan aksi demo (2/02/2022), “ujar Imam Dwi Hartono Manager kebun Mumbulsari.

Koordinator aksi demo (APMB) M.TAUFIK Mumbulsari berharap agar semua tuntutan dipenuhi oleh pihak PTPN XII kebun Mumbulsari.
Perundingan yang dilakukan oleh pihak perwakilan aksi demo PTPN XII ( Manager Kebun Mumbul ) bersama staf Kapolres Koramil masih belum mendapatkan kesepakatan.

Namun Kapolres dalam wawancara dengan awak media selalu siap memberikan jalan utama yaitu Mediasi dan melaksanakan proses hukum seandainya ada laporan yang terkait tindak pidana dalam proses Mediasi tersebut.

Dalam aksi demo tersebut masa aksi sangat kondusif walaupun ada juga yg tidak mematuhi protokol kesehatan.
Kapolres Jember sangat berterima kasih kepada semua pihak dikarenakan aksi tersebut berjalan damai, aman dan terkendali sampai dengan akhir aksi.

Serta perundingan yang dilakukan di kantor ADM kebun Mumbulsari yang juga bersebelahan dengan wahana wisata MUMBUL GARDEN, belum ada kata sepakat, dan akan digelar proses mediasi lanjutan.

Saifudi-JP



Menyingkap Tabir Menguak Fakta